Jumat, 10 April 2015

artikel



Jangan Buang Sedotanmu
Banyak orang menggangap sedotan adalah barang bekas yang tidak ada gunanya. Dalam pembahasan ini saya menggunakan sedotan sebagai media dalam pelajaran bangun datar. Sedotan dapat digunakan sebagai media menggambarkan bentuk – bentuk bangun datar dan bangun ruang. Misalnya, segitiga, persegi, limas dan bangun – bangun lainnya. dengan sedotan yang berwarna – warni akan menampilkan bangun datar dan bangun ruang yang lebih menarik. Jadi dalam belajar guru tidak hanya menggambarkan bangun datar dan ruang dipapan tulis, guru bisa mengajak siswanya untuk membuat berbagai kreasi bangun datar dan ruangyang menarik.
Alat – alat dan bahan – bahan yang digunakan pada media penbelajaran ini tidaklah sulit untuk didapatkan, diantaranya : Alat – alat, yaitu : gunting, karton atau papan triplek jarum , dan lilin. Bahan: sedotan warna-warni agar lebih menarik, lem
Adapun langkah – langkah dalam membuat alat ini, yaitu :
Sediakan  kertas karton dan bentukkan karton desuai bentuk yang diinginkan. Jika anda menggunakan papan triplek maka potonglah papan triplek tersebut sesuai ukuran dan bentuk yang diinginkan. Misalnya anda menginginkan bentuk layang – layang.
Potong sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan, kemudian tempel sedotan secara bersusun di karton disediakan. Misalnya, anda ingin membuat persegi, maka anda potong sedotan sesuai ukuran yang anda inginkan, lalu anda tempelkan ditempat yang disediakan secara bersusun.
Selanjutnya, agar tujuan dari materi yang anda ajarkan yaitu siswa mengenal bangun datar dan mengetahui rumus – rumus dari setiap bangun datar itu, maka anda harus cantumkan rumus – rumus dari setiap bangun datar tersebut di bawah gambar yang dibuat. Untuk bangun ruang anda dapat meletakkan rumusnya di depan bangun ruang yang dibuat.
Adapun fungsi dari alat ini adalah sebagai alat peraga yang dapat mempermudah siswa, terutama anak SD untuk mengenal lebih nyata berbagai bentuk bangun datar sekaligus rumusnya. Selain itu siswa juga diajak untuk mengasah kreativitasnya dengan memanfaatkan barang bekas disekitarnya sebagai media belajar yang sangat bermanfaat baginya untuk meningkatkan tingkat pemahamannya terhadap materi tersebut.
Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa fungsi alat ini adalah sebagai alat peraga dengan tujuan untuk mempermudah siswa untuk mengenal bangun datar, maka manfaat dari alat ini, yaitu : Anak didik akan menjadi lebih paham karena ia mendapat contoh yang nyata mengenai bangun datar. Dengan kata lain, mereka tidak menghayal lagi mengenai bagaimana bentuk persegi, tetapi dapat menunjuk secara langsung benda yang berbentuk persegi di alat yang mereka buat sendiri.   Guru dapat mengukur seberapa tinggi tingkat kreativitas anak didik tersebut. Serta guru juga dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar